7/09/2017

Cara menurunkan demam pada anak


Orang tua mana yang tidak cemas saat sibuah hatinya mengalami panas tinggi / demam, berbagai cara akan dilakukan untuk menurunkan demam pada sikecil, kebanyakan orang tua ketika mengalami masalah ini akan membwa kedokter untuk mendapat perawatan medis, memang langkah yang tepat untuk kesembuhan sibuah hati tersebut, namun sebelum orang tua membawa ke medis ada beberapa cara tradisional yang bisa dugunakan untuk menurunkan panas pada sikecil.

Cara tradisional ini sudah dipercayai untuk menurunkan panas pada sikecil sejak jaman kuno, selain pengobatan tradisional ini cukup efektif, caranyapun sangat mudah. Anda hanya cukup menyiapkan beberapa bahan bumbu dapur berikut ini.
  • Bawang merah
  • Kunyit / Kunir
  • Minyak telon
Kandungan dan manfaat Bawang merah
Bawang merah mengandung vitamin Ckaliumserat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Kandungan dan manfaat Kunyit / Kunir 
Kunyit / Kunir mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 - 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium) sisanya

Sedangkan Minyak telon / Adas
Adas (Foeniculum vulgare Mill.) yang terkandung dalam minyak telon, dikenal sebagai komponen pengobatan tradisional. Tanaman adas berasal dari Laut Tengah Timur, dari Italia ke timur hingga Suriah. Minyak adas dihasilkan dari penyulingan serbuk buah adas yang sudah matang dan kering. Buahnya adas berbentuk biji lonjong dengan raroma khas yang kuat dan manis.

Cara meracik
Siapkan beberapa buah bawang merah, kupas sampai hilang kulit keringnya kemudian potong tipis
Ambil 3 potong kunyit, cuci dengan air sampai bersih kemudian diparut campur dengan irisan bawang merah
Tambahkan minyak telon secukupnya

Selanjutnya aduk racikan tersebut sampai rata, lalu balurkan pada bagian tubuh sikecil hingga rata, biarkan sikecil istirahat atau tidur, setelah sekitar 3 jam panas sikecil akan turun.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon