3/06/2017

Cara Mengatur Layar Laptop Agar Tidak Mati Sendiri Saat Download

Fitur Sleep pada sistem operasi windows sangat bermanfaat bagi pengguna laptop maupun komputer. Dengan Fitur ini kita bisa menutup dan menyalakan laptop dengan waktu yang singkat tanpa harus menutup semua aplikasi, dengan sleep juga menghemat energi yang dibutuhkan untuk menyalakan laptop.


Tapi, kadang-kadang kita juga tidak membutuhkan fitur sleep ini. Contohnya nih, saat lagi download film kualitas standar 720p yg ukurannya sekitar 800mb hingga satu giga-an atau file lain yang ukurannya besar pokoknya, nah kalau itu download-an kita tinggal gak bakalan selesai kalau fitur sleep masih hidup.

Belum Juga 50% udah mati duluan laptopnya. Kalau sleepnya dimatiin kan enak tuh, bisa kita tinggal tidur, bangun-bangun eh sudah selesai, tinggal ditonton deh. Maka dari itu kali ini saya akan berikan caranya mengatur atau mematikan fitur sleep tersebut. Simak langkah-langkahnya.


Mengatur Waktu Sleep Komputer Sebenarnya bukan mematikan sih tapi mengatur waktu yang benar untuk komputer masuk mode sleep.


Pertama buka pengaturan Power Options. Caranya buka Control Panel kemudian klik Power Options. Atau tekan tombol Windows+X (Windows 8) kemudian klik Power Options. Atau juga klik kanan icon battery di taskbar kemudian klik pilih Power options.
Selanjutnya klik Change when the computer sleeps  yang letaknya di sebelah kiri.
Kemudian kita akan masuk ke menu pengaturan Edit Plan Settings. Disinilah tempat kita mengatur berbagai hal tentang penggunaan energy seperti kecerahan, sleep, dan turn off display.


Pada bagian Put the computer to sleep: pilihlah sekitar waktu 4 jam untuk mode battery dan never untuk mode plug in. Jadi saat laptop menggunakan battery, laptop akan sleep dalam waktu 4 jam dan saat dicharger laptop tidak akan sleep. Untuk waktunya bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan anda.


Terakhir kemudian klik tombol Save Changes dan pengaturan waktu sleep sudah selesai.


Untuk mode battery saya sengaja memilih 4 jam karena saya kira itu sudah cukup kalau misalnya untuk download file besar yang lama, selain itu juga biar hemat energi baterai laptop, kan memang itu fungsi utama dari fitur sleep. Sekarang silahkan download sepuasnya dan tinggal tidur sebebasnya atau tinggal nonton film selagi film lainnya di download, siapkan cemilan dan lembur deh nonton film maraton sampai subuh.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon