3/07/2017

Cara Mudah Mengatur margin halaman Pada Word 2016

Mungkin ada yang belum paham bagaimana cara mengatur Margin halaman pada Word 2016, untuk yang belum tau caranya dibawah saya akan jelaskan mengenai pengaturan tersebut. pada dasarnya Word secara otomatis mengatur satu inci margin halaman di sekeliling tiap halaman. dengan beberapa klik, anda bisa memilih margin lain yang telah ditetapkan sebelumnya, atau membuat margin anda sendiri. anda juga bisa mengatur margin untuk halaman yang berhadapan, memungkinkan ruang margin ekstra untuk menjilid dokumen, dan mengubah cara pengukuran margin.

Di artikel ini

- Memilih pengaturan margin yang sudah ditentukan sebelumnya
- Membuat margin kustom
- Mengatur margin untuk halaman yang berhadapan
- Menambahkan margin gutter untuk dokumen yang dibundel
- Mengubah satuan pengukuran margin

# Memilih pengaturan margin yang sudah ditentukan sebelumnya
1. Klik Tata Letak > Margin.


Galeri Margin muncul dengan margin Normal satu inci sudah dipilih.

2. Untuk mengubah margin, klik opsi lainnya dalam galeri Margin. Masing-masing memperlihatkan ukuran margin.


Catatan: 
  1. Jika dokumen Anda berisi beberapa bagian, margin baru hanya akan diterapkan ke bagian tempat Anda berada, atau untuk bagian sebanyak yang Anda pilih.
  2. Jika Anda ingin margin baru dijadikan default setiap kali Anda membuka Word, klik Margin > Margin Kustom (di bagian bawah galeri Margin). Pada tab Margin dalam kotak Dokumen, klik Default di sudut kiri bawah kotak, lalu klik Ya.
# Membuat margin kustom
Jika tidak ada margin standar yang Anda inginkan, atur sendiri margin Anda.
  1. Klik Tata Letak > Margin > Margin Kustom (di bagian bawah galeri Margin).
  2. Pada tab Margin, masukkan nilai yang Anda inginkan.
    Catatan: Jika Anda ingin margin baru dijadikan default setiap kali Anda membuka Word, pada tab Margin dalam kotak Dokumen, klik Default di sudut kiri bawah kotak, lalu klik Ya.
# Mengatur margin untuk halaman yang berhadapan
Gunakan margin cermin untuk mengatur halaman berhadapan pada dokumen bersisi ganda, misalnya buku atau majalah, sehingga margin halaman kiri akan berupa cerminan dari margin halaman kanan.
  1. Klik Tata Letak > Margin.
  2. Klik Cermin.
    Catatan: Untuk mengubah lebar margin cermin, klik Margin Kustom di bagian bawah galeri Margin. Masukkan nilai baru di kotak Di dalam dan Di luar.
# Menambahkan margin gutter untuk dokumen yang dibundel
Margin gutter menambahkan ruang lebih pada margin samping, margin atas, atau margin dalam dari dokumen yang Anda ingin jilid. Ini membantu untuk memastikan teks tidak terpotong karena penjilidan.
  1. Klik Tata Letak > Margin > Margin Kustom.
  2. Di kotak Gutter, masukkan lebar untuk margin gutter.
# Mengubah satuan pengukuran margin
Tentukan satuan pengukuran margin yang paling berguna bagi Anda: inci, sentimeter, milimeter, titik , atau pica.
  1. Di menu Word, klik Preferensi, lalu di bawah Penulisan dan Alat Pemeriksaan, klik Umum.
  2. Dalam kotak Perlihatkan pengukuran dalam satuan, pilih satuan yang Anda inginkan.

Selengkapnya tentang margin
  1. Untuk mengubah margin dari titik tertentu ke bagian selanjutnya dalam dokumen, pilih teks, klik Tata Letak > Margin > Margin Kustom. Lalu, pada tab Margin, masukkan nilai untuk margin yang Anda inginkan, dan di Terapkan ke, klik Mulai dari titik ini.
  2. Jika Anda menerapkan margin ke teks yang dipilih, Word secara otomatis menyisipkan hentian bagian sebelum dan sesudah teks. Jika dokumen Anda sudah terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengklik satu bagian atau memilih beberapa bagian sekaligus, lalu mengubah margin.
  3. Sebagian besar printer mensyaratkan lebar minimum untuk pengaturan margin, sebab printer tidak dapat mencetak sampai ke tepi halaman. Jika Anda berusaha menentukan margin yang terlalu sempit, muncul pesan Salah satu margin atau lebih berada di luar area cetak halaman. Pilih tombol Perbaiki untuk memperbesar margin secara otomatis. Pengaturan margin minimum bergantung pada printer, driver printer, dan ukuran kertas Anda. Baca buku petunjuk printer Anda untuk mempelajari tentang pengaturan margin minimum.

Seperti itulah cara mengatur margin kustom yang bisa saya bagi kali ini, semoga bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon