6/05/2017

Tutorial membuat dan membedakan website dengan blog

Tutorial cara membuat website 

Membuat website sendiri baik itu yang gratis maupun yang berbayar sering menjadi banyak pertanyaan umumnya pada seseorang yang masih tergolong awam dengan pengetahuan internet atau website. Banyak orang ingin membuat website dengan alasan yang berbeda-beda, mulai dari hanya sekedar merasa keren atau gaya-gayaan saja, ada juga ingin memiliki website dengan tujuan lain yaitu supaya memiliki halaman web online yang dapat dibaca oleh banyak orang.

Karena kalian mengunjungi halaman yang membahas bagaimana cara membuat website ini, maka Saya simpulkan bahwa kalian masih cukup awam tentang masalah internet ini, dengan begitu Saya akan membuat penjelasan tentang cara membuat website ini secara sederhana dan lengkap sehingga tujuan Saya menulis artikel ini tepat dengan tujuan yaitu bisa membantu kalian yang akan membuat website sendiri. 

Saya harap agar membacanya dengan pelan-pelan saja dan tidak usah berniat menghabiskannya dalam sekejap, karena kemampuan untuk membuat website bukanlah sesuatu yang bisa anda kuasai dalam sekejap.

Untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat website sendiri di internet ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membuat website sendiri yaitu tentunya Saya akan penjelasan ini ke dalam beberapa bagian agar bisa membantu Anda mempelajarinya secara bertahap.


Cara Membuat Website Sendiri

Materi ini akan terbagi menjadi beberapa bagian:

  1. Apa Perbedaan Website dan Blog?
  2. Mengenal 2 Cara Membuat website
  3. Tahapan Awal Membuat Website
  4. Bentuk Dasar Dari Website
  5. Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Website
Jadi langsung saja baca artikel ini selengkapnya...

Apa bedanya Website dan Blog?
Ada beberapa hal yang perlu dipahami, pada saat baru membuat website untuk pertama kalinya, mungkin untuk orang yang baru mengenal website tidak bisa membedakan antara website dan blog. Bahkan jika Anda cek di Google pun pertanyaan tentang perbedaan antara website dan blog ini sudah menjadi kata kunci tersendiri. Jadi Saya rasa masalah ini perlu Saya jelaskan sedikit.
Simak pengertianya berikut ini:

Website adalah suatu istilah yang sangat umum untuk menyebutkan sekumpulan halaman-halaman elektronik yang terdaftar di dalam suatu nama domain tertentu dengan sistem hirarki yang diatur oleh pengembangnya . Halaman-halaman di dalam website anda ini ada yang bersifat halaman statis, dan ada yang bersifat halaman-halaman yang kontennya terus bertambah dan diupdate secara terus menerus.

Halaman-halaman yang cenderung diupdate secara terus-menerus inilah yang kemudian disebut sebagai blog.

Jadi di dalam suatu website bisa ada halaman-halaman statis, seperti halaman tentang kami, hubungi kami, cara pemesanan, Pendaftaran, dll. Bisa juga ada halaman-halaman posting produk pada sebuah toko online dan sudah tentu juga ada blog.

Dengan demikian, blog adalah salah satu bentuk website dan Anda dapat miliki.

Ada banyak sekali jalan untuk mempunyai blog saat ini. Baik itu dengan menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress.com, dan lain sebagainya.  Anda juga bisa membuat blog dari website yang Anda hosting sendiri; selama desain dari website Anda memang mempunyai fitur blog.


2 Cara Membuat Website

Ada beberapa cara untuk membuat website, bukan hanya 2 tapi bisa puluhan; namun puluhan cara membuat website ini bisa kita golongkan dalam 2 metode yang bisa dipilih untuk membuat website. Kedua metode tersebut adalah:
  1. Membuat Website Menggunakan Sistem Yang Sudah Jadi
  2. Membuat Website Dari Nol (Membuat Kode Sendiri dalam sebuah Framework)
Ok sekarang saya akan menjelaskan ini lebih lanjut.

Membuat Website Dengan Menggunakan Sistem Yang Sudah Jadi

Ini lebih direkomendasikan buat kalian yang masih minim dalam pengetahuan bahasa pemrograman, karena metode membuat website dengan memanfaatkan sistem yang sudah jadi ini relatif sangat mudah.

Dengan metode ini hanya dengan beberapa klik dan pengisian data saja anda sudah bisa mempunyai website anda sendiri. Tentunya ada keterbatasan pada saat anda membuat website dengan metode seperti ini. Anda hanya bisa menggunakan fungsi-fungsi yang memang sudah tersedia. Jika tools yang Anda pilih hanya mempunyai sedikit fitur yang ditawarkan, maka website Anda akan mempunyai banyak sekali keterbatasan.

Adapun cara membuat blog dengan metode sistem yang sudah jadi ini antara lain adalah:

Blog


Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan di atas bahwa blog adalah salah satu bentuk website. Jadi anda jelas bisa membuat website menggunakan blog. Ada banyak sekali penyedia blog gratisan saat ini namun yang paling terkenal adalah blogspot dan wordpress.com. Harap membedakan wordpress.com dengan wordpress.org, karena yang satunya adalah blog dan yang lainnya adalah CMS.

Di antara penyedia jasa layanan blog ini adalah blogspot yang paling terkenal. Selain mudah, blogspot juga adalah penyedia blog gratisan dengan fitur yang cukup luas pengembangannya (walaupun masih cukup terbatas).

Anda bahkan bisa memakai blog ini untuk membuat website dengan halaman-halaman statis saja (seperti yang biasanya ada pada website-website perusahaan). Blogspot menyediakan fitur LAMAN sebanyak 20 laman statis sehingga anda bisa membuat banyak halaman statis seperti layaknya website perusahaan yang tidak mengutamakan update.

Ini akan mirip sekali dengan website yang dikelola profesional jika anda memakai template yang elegan dan membeli nama domain untuk nama blog anda. 

Tapi jika Anda membuat website dengan menggunakan blogspot, maka untuk halaman homepagenya bisa menggunakan widget untuk menampilkan artikel atau tampilan interface yang hanya dimunculkan di homepage saja.

CMS (CONTENT MANAGEMENT SYSTEM)


CMS atau content management system adalah sebuah sistem interface yang bisa Anda pergunakan untuk mengatur konten-konten digital Anda di internet. Ada beberapa penyedia CMS untuk pembuatan website saat ini yang cukup terkenal, namun di antara yang paling terkenal dan paling banyak ragam pluginnya adalah CMS wordpress.

Kenapa Saya menekankan keunggulan ragam plugin saat Saya merekomendasikan Wordpress? Karena semakin banyak plugin yang tersedia maka akan semakin fleksibel fungsi yang bisa Anda terapkan di dalam website Anda. Jika CMS Anda mempunyai tambahan fungsi yang sangat sedikit, maka akan sedikit juga pilihan-pilihan yang Anda miliki.

Plugin-plugin yang tersedia di wordpress saat ini ada luar biasa banyaknya. Hampir setiap fungsi yang Anda pikirkan sudah tersedia pluginya.

Jika Anda mau memulai membuat website anda menggunakan CMS wordpress ini, maka anda harus sudah mempunyai nama domain dan server untuk menghosting CMS ini. Itu dikarenakan CMS Wordpress ini memang berbeda dengan metode blog gratisan di atas yang server tempat menghostingnya memang sudah tersedia.


Cara Membuat Website Dari Nol

Untuk mampu membuat website dengan baik, maka otomatis Anda perlu menguasai bahasa pemrograman. Ini adalah tools yang memberikan Anda kemampuan untuk menentukan fungsi-fungsi dari setiap fungsi yang ada di halaman-halaman website Anda nantinya.

Untuk mampu membuat website yang sederhana setidaknya ada pengetahuan dasar yang harus Anda miliki, yaitu HTML, PHP, dan MySQL. Setiap pengetahuan ini mempunyai fungsinya masing-masing.

  • HTML: Dengan mengetahui HTML maka anda akan bisa dengan mudah mengatur tampilan desain kolom dari halaman-halaman website anda.
  • PHP: Dengan menguasai PHP, maka anda akan tahu cara membuat website anda mempunyai fungsi-fungsi yang sangat luas; baik itu bagaimana cara memanggil dan menampilkan data, membuat fungsi pengolahan data; dan fungsi-fungsi lainnya, yang sudah barang tentu akan terlalu banyak untuk disebutkan di sini.
  • MySQL: Dengan menguasai MySQL anda akan mengetahui bagaimana cara mengorganisir database dari website anda sehingga website anda bisa menjadi interface bagi anda untuk menyimpan dan mengambil data dengan benar dari database.
Jadi 3 pengetahuan di atas adalah pengetahuan dasar bagi anda untuk membuat website sederhana. Untuk mengetahui cara membuat website yang menarik di mata pengunjung dan mempunyai fungsi-fungsi tambahan yang lebih luas, Anda bisa mempelajari CSS dan javascript.

Itulah pengertian dan cara membuat website.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon