3/03/2017

Cara Manual Membuat Data Paket Internet Menjadi Irit Pada Android

Rasanya kurang tepat apa bila memiliki Smartphone tidak diiringi dengan adanya paket data  internet yang dapat membuatnya aktif digunakan, terlebih pada era arus informasi yang tidak terbendung dan sangat cepat seperti akhir-akhir ini. di Indonesia sendiri para operator telekomunikasi rata-rata memberikan kuota dari setiap paket data yang ditawarkan yang kadang tanpa disadari dapat cepat habis. Tutorial kali ini saya akan bahas cara mengatasi pemakaian berlebihan terhadap penggunaan data internet pada Smartphone.

Ada 5 cara mengatasi pemborosan pemakaian kuota pada smartphone Android 
Untuk menghindari ‘kebobolan’ kuota data yang berlebihan, Tech in Asia kali ini mengulas langkah-langkah yang dapat dicoba. Semoga tips ini berguna berhubung tidak banyaknya akses wifi yang dapat diandalkan di ruang publik tanah air. Berikut beberapa cara mengatasinya, pertama yang anda lakukan adalah,.

1. Matikan fungsi Auto Synchronization


Fungsi Auto Synchronization atau disingkat Auto Sync biasanya terdapat pada panel notifikasi smartphone. bila anda merasa tidak setiap waktu harus meng-update akun media sosial, email, ataupun lainnya, maka non-aktifkan fitur ini. Karena fungsi ini akan memakan kuota Anda tanpa disadari. Atau Anda dapat memilih aplikasi tertentu yang dapat langsung disinkronisasi secara otomatis, seperti untuk email baru yang masuk.

2. Pastikan fungsi Auto Update tidak diaktifkan

Tentunya smartphone dipenuhi dengan beragam aplikasi, mulai dari media sosial hingga game dengan ukuran yang berbeda. untuk mencegah berkurangnya kuota secara tidak disadari, coba periksa pengaturan pada Google Play di smartphone anda. setiap developer memberikan pembaruan pada aplikasinya pada waktu yang tidak ditentukan dan update yang diberikanpun kadang minor, sehingga tidak perlu rutin mengecek update aplikasi. Alternatifnya, anda bisa mengatur untuk melakukan Auto Update hanya saat sudah terhubung pada koneksi wifi saja.

3. Matikan fungsi Data Background dari aplikasi atau sistem Android


Pengguna Android kadang tidak mengetahui bahwa beberapa aplikasi dan sistem memerlukan background data meski tidak sedang digunakan. oleh karena itu, pengguna harus aktif membatasi pemakaian data secara diam-diam ini.

Untuk mematikan fungsi ini, pengguna dapat menuju pengaturan dan penggunaan data untuk melihat aplikasi apa saja yang menguras kuota. di bagian bawah terlihat deretan aplikasi yang paling banyak menggunakan data. untuk membatasinya, klik aplikasi dan berikan centang pada pilihan batasi data latar belakang.

4. Batasi penggunaan media sosial
Aktivitas satu ini pasti dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone saat ini. ya, aktif di media sosial menjadi salah satu pemangsa kuota data terbesar. untuk mengirit kuota, maka coba kurangi kegiatan ini, atau bisa juga dengan log out setiap kali selesai ‘menjelajah’ media sosial. beberapa operator telekomunikasi di Indonesia menyediakan pilihan paket data yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. bila memang anda termasuk yang lebih aktif di media sosial, pilihlah paket yang memberikan akses unlimited untuk media sosial.

5. Hilangkan beberapa widget yang tidak berguna pada layar home screen


Pada pengaturan default smartphone Android, tersedia widget untuk mengetahui kondisi cuaca sekitar. Widget ini ternyata memakan kuota data. Meskipun tidak terlalu besar, namun menghapus widget perlu dilakukan untuk meminimalisir penggunaan kuota. terlebih bila widget ini dipasang secara berkala dan terus menerus.

Selain menghemat kuota dalam paket data smartphone, hal di atas juga dapat memberi manfaat tambahan, yakni membuat daya baterai bertahan lebih lama. karena tak jarang semakin cepat dan banyak kuota yang digunakan, akan semakin cepat pula menguras baterai smartphone. setelah anda melakukan 5 hal diatas, coba dilihat hasilnya, bila anda memiliki tips lainnya, jangan ragu untuk mengutarakannya di kolom komentar. demikian tutorial cara meminimalisir penggunaan paket internet pada android, selamat mencoba.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon