2/26/2017

Cara Baru Mengatasi Kamera Error Pada Android Samsung Galaxy

Pernahkan kalian memdapati Gadget kesayangan anda mengalami error pada kamera? di artikel kali ini saya akan bahas melalui pengalaman saya, saat itu saya memiliki gadget kesayangan saya yaitu samsung galaxy, kebetulan saya kerja diproject yang sangat membutuhkan kamera untuk membuat laporan pada hasil projek yang saya tangani. begitu saya akan mengambil sebuah gambar tiba-tiba kamera pada android saya error, kecewa rasanya. kemudian saya oprak aprek gadget saya, berbagai cara saya lakukan alhasil salah satu cara tersebut membuahkan hasil, ini cara saya oprak aprek android saya juga anda bisa mengikuti tips dibawah ini. langkah pertama yaitu,


1. Restart HP Samsung Galaxy

Saat terjadi munculnya notifikasi Camera Failed atau Kamera Gagal, kemungkinan kinerja pada HP Samsung Galaxy Anda bekerja secara optimal sehingga sistem tidak mampu menahannya, jadi Anda perlu mencoba menyegarkan HP Samsung Galaxy Anda dengan cara merestart atau reboot. Setelah HP kembali menyala, silahkan Anda membuka aplikasi kamera dan jika masih tetap saja gagal, Anda bisa mengikuti tips dibawah ini

2. Hapus Cache Aplikasi Kamera

Jika cara diatas masih menyebabkan error maka cara berikutnya adalah Anda harus membersihkan cache atau file sampah pada aplikasi kamera Samsung Galaxy, dalam beberapa kasus jika menumpuknya cache pada aplikasi sangat banyak maka kinerja aplikasi tersebut akan semakin berat. Untuk membersihkan cache kamera, Anda bisa menuju ke Setting ➝ Application Manager / Apps ➝ All Apps (Semua) ➝ Cari aplikasi Camera lalu tekan Force CloseClear Cache, kemudian Clear Data.

Hal tersebut tidak akan menghapus foto yang tersimpan, jadi Anda tidak perlu khawatir hanya saja cara tersebut menghilangkan settingan atau pengaturan kamera menjadi ke default. Setelah itu coba Anda restart kembali, dan buka aplikasi Kamera untuk mengecek kembali.

3.Lepaskan Baterai

Mungkin cara ini Anda anggap sebagai cara yang tidak masuk akal, namun jangan salah sangka bahwa melepaskan baterai dan memasang baterai kembali dapat mengatasi Camera Failed pada Samsung Galaxy Grand Prime Duos, tidak menuntut kemungkinan Samsung Galaxy model lainnya juga bisa mengikuti tips ini. Cara ini sudah di test jadi Anda tidak patut meremehkan, Anda cukup melepas dan memasang kembali baterai lalu menyalakan ponsel kembali dan lihat saja hasilnya.

4.Gunakan Aplikasi Lain

Jika kamera default Samsung Galaxy Anda bermasalah tidak ada salahnya Anda move on ke aplikasi kamera lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi kamera di Google Play secara gratis dan jika Anda ingin yang lebih bagus bisa juga membeli aplikasi kamera yang berbayar.

5.Upgrade OS 

Jika permasalahan kamera error di karenakan faktor software maka Operating system Android ini sangat berpengaruh terhadap stabilitas kinerja sistem pada smartphone. Semakin meningkatnya versi Android tentunya perbaikan dan fitur pada versi terbarunya ditambahkan sehingga performa akan menjadi lebih baik. Nah, jika smartphone Samsung Galaxy Anda masih menggunakan sistem Android lama, Anda bisa mengupdatenya ke versi terbaru. Anda bisa mengeceknya melalui menu Pengaturan ➝ Tentang ponsel ➝ Pembaruan sistem.

6.Reset ke Pengaturan Pabrik

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset Samsung Galaxy ke setelan pabrik. Cara ini cukup mudah Anda bisa memilih dua metode mengembalikan Samsung Galaxy ke setelah pabrik melalui menu Setting atau menggunakan kombinasi tombol yang biasa disebut hard reset. 

seperti itulah pengalaman saya, selamat mencoba dan mudah-mudahan bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon